Wow! Wakili Indonesia Di Kejuaraan Dunia, Kakek Asli Malang Ini Raih 3 Emas


Olahraga Kota Malang memang tak pernah kering atas prestasi. Seusai beberapa jagoannya meraih medali emas pada ajang SEA Games Malaysia, kali ini justru nama Kota Pendidikan ini dan Indonesia yang bergaung di kancah internasional. Setelah atlet master Suwandi berhasil meraih tiga medali emas dalam kejuaraan dunia Sudamericano Master De Atletismo XIX di Santiago Chile pada pertengahan November 2017.
Bertanding di tengah dinginnya udara pegunungan Chile tak menyurutkan semangat dari pria berusia 63 tahun asli Malang tersebut. Beradaptasi selama tiga hari pertama sudah cukup  untuk Suwandi bisa bertanding dengan maksimal di kejuaraan empat tahunan tersebut.
Hasilnya, Suwandi pun berhasil meraih tiga medali emas di nomor lari 100 meter, lompat jauh dan lompat jangkit, dalam kelompok usia 60 tahun.
Atas prestasinya ini, Kakek dari sembilan cucu ini mengaku sangat bangga dan terharu. Menurutnya kemampuan Indonesia dengan negara laij di dunia ini tak berbeda jauh, dan tentu bisa diterapkan pada segala bidang umur.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung, seperti Kementerian Pemuda dan Olahraga serta KONI Kota Malang.
“Sangat bangga bisa mengibarkan merah putih di sana (Chile). Bisa memberikan yang terbaik bagi bangsa ini. Semoga bisa menjadi inspirasi dari generasi muda. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora yang mendukung penuh, serta KONI Kota Malang yang mensupport saya dan juga PAMI Kota Malang selama ini,” kata Suwandi ketika ditemui di Stadion Gajayana Selasa (21/11/2017).
Meskipun diakui sukses beradaptasi dengan cuaca, namun Suwandi sebenarnya juga merasa ada kendala besar selama di Chile, yaitu masalah makanan. Menurutnya sangat sulit untuk mencari produk makanan halal di negara Amerika Latin tersebut. Beruntung beberapa rekan di Jakarta membawakan sagu dan mi instan, sehingga dua makanan tersebut yang ia banyak konsumsi selama berlomba di Chile.
“ Selain mengatasi cuaca dingin. Masalah makanan memang sempat jadi problem. Sulit menemukan produk yang benar – benar halal disana. Beruntung teman – teman membawakan sagu dan mi instan,” imbuhnya.

Selain Suwandi, kontingen Indonesia juga diikuti beberapa atlet master lainnya yaitu, Darmiyanto, Hartini Joko, Ockben Saur Sinaga dan Julia Jacob. Dalam kejuaraan ini kontingen Indonesia mempersembahkan lima medali.
Selain tiga emas yang dirah Suwandi, dua medali lainnya diperoleh Darmiyanto (perunggu 10.000 meter) dan Hartini Joko (perunggu, lempar cakram W80)

\


Share on Google Plus

About Hino k

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment